Halaman

Rabu, 21 Desember 2011

management S3.pak mujip-managemen keungan 2

MANAJEMEN KEUANGAN 2
1. - municipal bonds yaitu surat hutang yang diterbitkan oleh negara bagian, propinsi, wilayah, daerah ataupun unit pemerintahan lainnya selain daripada obligasi negara.
     - yang berhak mengeluarkan municipal bonds adalah: Pemerintah daerah
2. perbedaan antara organisasi non laba dengan organisasi lainnya (laba). Dalam hal kepemilikan, tidak jelas siapa sesungguhnya ’pemilik’ organisasi nirlaba, apakah anggota, klien, atau donatur. Pada organisasi laba, pemilik jelas memperoleh untung dari hasil usaha organisasinya. Dalam hal donatur, organisasi nirlaba membutuhkannya sebagai sumber pendanaan. Berbeda dengan organisasi laba yang telah memiliki sumber pendanaan yang jelas, yakni dari keuntungan usahanya. Dalam hal penyebaran tanggung jawab, pada organisasi laba telah jelas siapa yang menjadi Dewan Komisaris, yang kemudian memilih seorang Direktur Pelaksana. Sedangkan pada organisasi nirlaba, hal ini tidak mudah dilakukan. Anggota Dewan Komisaris bukanlah ’pemilik’ organisasi.
3.-  alasan utama perusahaan yang mencari laba adalah: untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan itu dengan cara: Memaksimumkan nilai perusahaan, artinya manajemen harus mengahasilkan laba lebih besar dari biaya modal yang digunakannya.
    - sedangkan alasan utama bisnis non laba adalah: bukan hanya untuk mencapai keuntungan semata namun juga dalam rangka penyediaan pelayanan public seperti layanan pendidikan, layanan kesehatan masyarakat, penegakan hukum, transportasi missal dan lain sebagainnya.
    - Persamaan antara perusahaan mencari laba dengan bisnis non laba adalah: Keduanya menghadapi masalah yang sama , yaitu masalah kelangkaan sumber daya (scarcity of resources), sehingga baik sector public maupun sector swasta dituntut untuk menggunakan sumber daya organisasi secara ekonomis , efisien dan efektif.  Dan dari segi manajemen keuangan, pada dasarnya sama di kedua sector. Kedua sector tersebut membutuhkan informasi yang handal, relevan untuk melaksanakan fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian dan pengendalian).
   - perbedaan antara perusahaan mencari laba dengan bisnis non laba adalah: Setiap organisasi memiliki tujuan yang unik serta spesifik yang hendak dicapai yang bisa bersifat kualitatif maupun kuantitatif. Tujuan tersebut kemudian bisa dipilah dan dipilih menjadi tujuan yang bersifat financial mapun non financial. Tujuan yang hendak dicapai oleh organisasi sector public berbeda dengan sector swasta. Perbedaan yang menonjol adalah tujuan untuk memperoleh laba. Pada sector swasta, usaha mencapai laba atau profit maksimum dimaksimumkan sedangkan pada sector public, bukan hanya untuk mencapai keuntungan semata namun juga dalam rangka penyediaan pelayanan public seperti layanan pendidikan, layanan kesehatan masyarakat, penegakan hukum, transportasi missal dan lain sebagainya.

4.-  alasan utama perusahaan melakukan merger/ perluasan usaha adalah: agar perusahaan dapat beroperasi dengan lebih efisien sesuai dengan hukum pertambahan hasil yang semakin berkurang {low of diminishing return} dengan kata lain bahwa semakin besar kapasitas produksi maka akan semakin kecil biaya produksi per-unit barang {economies of scale}
    - Setuju karena dengan melakukan merger perusahan dapat memperbaiki manajemen perusahaan dan dapat melakukan diversifikasi usaha tanpa harus membangun usaha dari awal dan juga dapat mengurangi resiko.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar